Kamis, 17 Oktober 2013

Wikipedia:Aturan yang disederhanakan


Wikipedia adalah sebuah proses berkelanjutan, tanpa akhir. Apa yang Anda tulis akan terus ada selama berabad-abad. Bahkan penghapusan tetap terekam, sehingga apa pun yang Anda lakukan di sini akan tetap menjadi bagian dari Wikipedia selamanya. Tapi jangan khawatir! Selagi melakukan penyuntingan, ingatlah selalu akan hal-hal yang dijelaskan di bawah ini, dan Anda akan melakukan kontribusi yang efektif di proyek ini.
Sasaran utama Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedia yang berkualitas tinggi, dan rata-rata halaman merupakan artikel ensiklopedia. Namun demikian, karena belum ada struktur kebijakan resmi yang mengatur mengenai kualitas setiap artikel atau topik, komunitas Wikipedia telah mengembangkan sendiri aturan, prosedur, dan penilaian, yang keseluruhannya akan terus berevolusi. Beberapa dari penilaian di sini bersifat informal, dan Anda akan mempelajarinya dari mengamati, bertanya, ataupun diberitahu oleh penyunting lainnya. Beberapa lainnya bersifat formal (dan judul halaman tersebut didahului oleh "Wikipedia:", seperti halaman ini). Ada beberapa aturan Wikipedia yang bersifat sangat penting. Aturan-aturan ini kebanyakan adalah pengertian bersama yang menghormati bagaimana Wikipedia bekerja dan apa yang hendak dicapainya. Aturan-aturan ini akan membantu kita untuk menghindari atau menyelesaikan konflik mengenai isi artikel, dan juga akan memandu kita dalam usaha kita yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas artikel.
Jika Anda mengikuti tindak-tanduk ini, Anda akan diperlakukan dengan baik dan hormat. Seiring dengan bertambahnya pengalaman, Anda akan mempelajari beberapa pedoman tambahan mengenai pemformatan, cara-cara mudah untuk melakukan segala sesuatu, dan sebagainya. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak mengerti pada mulanya. Seseorang akan membantu memperbaiki suntingan Anda, dan, seiring berjalannya waktu, Anda akan mempelajari lebih lanjut seluk beluk mengenai bagaimana menjadi seorang ensiklopedis!
Tidak ada aturan yang terlalu keras, selain sekumpulan pedoman yang dapat Anda ikuti. Anda mungkin akan menemui pengguna yang tidak mengikuti pedoman-pedoman itu, tetapi mungkin masih dapat diterima menurut kebijakan Wikipedia. Pedoman "bersikap ramah" akan berlaku dalam situasi itu. Dalam banyak kasus, penyunting baru -yang diberi informasi dengan baik dan memiliki maksud baik- akan melakukan penyuntingan bersama dan mencari jalan bersama untuk meningkatkan kualitas suatu artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar