Judulnya sangar banget ya! Sebenernya sih enggak sangar-sangar banget yang mau NYUNYU ceritain, cuma biar lakik banget aja pake K. Sebagai burung hantu remaja yang sedang mencoba memperhatikan pop-culture *muahahar*,  NYUNYU sedikit cari tahu tentang urban legends yang mendunia. Karena bukan cuma Agnes Monica yang bisa punya niat untuk go international dan mendunia, NYUNYU juga bisa!!

  1. Lagu Gloomy Sunday
Dari judulnya aja udah nakutin. Minggu-minggu kok gloomy sih. Makanya keluar sarang bergaul dong! Oke, kembali ke cerita di balik lagu ini. Jadi lagu ini diproduksi di tahun 1933 oleh composer asal Hungaria, namanya Rezső Seress. Ngeja namanya dia juga bikin depresi ya. Salah satu versi yang paling terkenal adalah versi yang dinyanyiin ulang sama Billie Holiday, si penyanyi jazz yang melegenda itu, kalau kamu enggak tau siapa dia gapapa sih. Emang udah tua banget. Nah katanya, semenjak lagu ini meledak di Hungaria di tahun 1935-an, angka bunuh diri di Negara itu juga melonjak drastis. Sejak itu, lagu Gloomy Sunday dilarang beredar oleh pemerintah Hungaria, supaya enggak ada lagi kasus bunuh diri cuma karena denger lagu ini. Yang paling tragis, di bulan Januari tahun 1968, 35 tahun setelah lagu ini dibuat, penciptanya tewas bunuh diri setelah loncat dari jendela kamarnya tapi ternyata gak meninggal, dan akhirnya dia coba lagi bunuh diri di rumah sakit pake kawat yang dicekek ke lehernya sendiri. Huft banged. Mau meninggal kok susah-susah banget ya, Opa.

  1. Superman
Siapa sih yang enggak tau tokoh superhero keluaran DC comics ini? Hah? Ada yang nggak tahu DC comics? Kamu gagal tahap pertama jadi hipster *NYUNYU mudah teralihkan* Balik lagi soalurban legend tentang Superman ini, katanya sih, aktor pemeran Superman bakal kena kutukan. Kutukannya enggak main-main, karirnya bakal selesai setelah jadi pemeran Superman. Kutukan Superman ini mulai terkenal semenjak George Reeves, pemeran Superman dari tahun 1952 – 1958, meninggal karena bunuh diri setelah dia jadi Superman. Christopher Reeves yang kemudian ngegantiin George Reeves sejak tahun 1978 – 1987, berakhir di kursi roda karena kecelakaan. Pemeran Superman setelahnya, seperti Bud Collyer dan Lee Quigley juga meninggal enggak lama setelah memerankan Superman. Yang agak beruntung adalah Brandon Routh, pemeran Superman di Superman di tahun 2006. Tapi, yaaa.. kita enggak pernah denger Brandon Routh main film yang booming lagi kan? *nyengir*

  1. Catcher In The Rye
Buku yang dipublikasiin tahun 1951 ini adalah salah satu 100 buku terbaik sepanjang masa menurut majalah Time lho. Walaupun buku ini sempet disensor keberadaannya dari perpustakaan di Amerika dari tahun 1961 sampai 1982, tapi ternyata enggak bikin buku ini berhenti dibaca. Yang paling melegenda dari buku ini adalah fakta kalau dua pembunuh ternama, Mark David Chapman, yang ngebunuh John Lennon dan John Hinckley, Jr. yang melakukan percobaan pembunuhan ke Presiden Ronald Reagan, terbukti terobsesi oleh buku ini ketika melakukan pembunuhan. Bahkan ketika Mark David Chapman ditanyain sama polisi motif dia ngebunuh John Lennon, dia cuma bilang, baca buku Catcher In The Rye, nanti lo ngerti. Mudah sekali dipengaruhi ya Mas Mark ini. Kalau kamu tahu kenapa, boleh sih langsung cari bukunya dan baca. Kwuk!

  1. Joker
Ini dia nih penjahat kesuakaan NYUNYU. Penjahat yang ngelakuin kejahatannya bukan karena uang atau kekuasaan, cuma karena emang pengin berbuat jahat aja. Jahat ya! (bingung ya? Kwukwukwukwuk). Yang paling melegenda tentu aja kematian Heath Ledger pas dia lagi jadi pemeran Joker, dan aktor sebelumnya yang meranin Joker, Jack Nicholson, udah pernah datang langsung ke Heath Ledger pas doi nerima peran Joker buat ngasihtau jangan sampai karakter Joker ngambil alih hidupnya. Karena menurut Jack Nicholson, karakter Joker ini bener-bener bikin orang yang meraninnya jadi ‘sakit’. Bikin insomnia parah adalah salah satunya. Dan penyebab kematian Heath Ledger adalah karena overdoses obat penenang dan obat tidur. NYUNYU gak tau sih ini bener apa enggak, enggak pernah ditawarin sih (Lo sape, NYUK)

  1. Mobil James Dean
Buat kamu yang enggak tau siapa itu James Dean, dia adalah aktor Hollywood yang jadi ikon remeja pemberontak pas tahun 50-an. James Dean meninggal karena kecelakaan di mobil setelah dia jadi bintang iklan layanan masyarakat untuk menyampaikan pesan jangan ngebut-ngebut kalau ngebut. Kasihan. Nah, katanya sih, mobil bekas James Dean ini, tetep ngebawa malapetaka. Salah satu engineer yang lagi mindahin mobil ini dari TKP ketimpa mobilnya aja gitu. Dan yang paling melegenda adalah seorang dokter yang make bagian dari mesin mobil maut ini, tewas karena kecelakaan mobil juga. Bahkan, ketika mobil ini lagi dibawa oleh truk untuk suatu pameran, truk yang ngebawa mobil ini mengalami kecelakaan sampai supirnya meninggal.

Sangar gak urban legend yang NYUNYU ceritain? Tapi seperti yang Bunda Dorce selalu bilang, kesempurnaan hanya milik Tuhan YME (nggak nyambung, iya tau nggak nyambung). Kamu boleh percaya boleh enggak sama yang NYUNYU ceritain di atas. Yang penting, tetap waspada! Salam Bang Napi. Kwuk!