Jumat, 23 Agustus 2013

Whatever People Say I Am, That's What I'm Not (2006)


Band selesai merekam album debut mereka Whatever People Say I Am, That's What I'm Not di Chapels Studios di Lincolnshire pada bulan September 2005 dengan Jim Abbiss sebagai produsernya. Whatever People Say I Am, That's What I'm Not menjadi album pertama penjualan tercepat dalam sejarah Inggris dengan penjualan 363,735 copy pada minggu pertama. memecahkan rekor sebelumnya dari 306,631 copy dipegang oleh Popstars oleh Hear'Say, dan terjual lebih kopi pada hari pertama. Cover album yang di modeli Chris McClure, seorang teman mereka yang sedang memegang rokok. Citra pada CD itu sendiri adalah sebuah tembakan dari asbak penuh Rokok.
Album itu dirilis sebulan kemudian di Amerika Serikat dan dimasukkan di No. 24 pada di tangga album Billboard setelah itu dijual 34.000 unit di minggu pertama, sehingga kedua menjual tercepat untuk album debut indie rock di Amerika. Pada Juni 2006, band ini melaksanakan tur Amerika Utara menerima pujian kritis di setiap konsernya. Sementara itu, majalah NME Inggris menyatakan album perdana "5 Inggris album terbesar sepanjang masa". Mereka juga setara dengan The Strokes dan Oasis di 2006 NME Awards, memenangkan tiga penghargaan yakni Best British Band ,Best New Band , dan Best Track untuk I Bet You Look Good On the Dancefloor.
Arctic Monkeys tidak membuang waktu dalam rekaman materi baru, dan merilis lima-lagu EP pada 24 April 2006, Who the f**k Are Arctic Monkeys?, hanya tiga bulan setelah album debut memecahkan rekor mereka telah dikritik oleh beberapa kalangan, para kritikus menilai band ini akan sukses di masa depan.
Setelah merilis EP di Inggris, band mengumumkan bahwa Andy Nicholson akan tidak ambil bagian dalam tur band di Amerika Utara akan datang karena cedera pergelangan tangan dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari band, dan akan membuat proyeknya sendiri. Dalam sebuah pernyataan pada website resmi mereka, band mengatakan: "Kami sangat sedih untuk memberitahu semua orang bahwa Andy tidak lagi dengan band". juga menegaskan bahwa Nick O'Malley, mantan bassis The Dodgems disusun pada sebagai bassis sementara untuk tur Amerika Utara. Tak lama setelah itu, Nick O'Malley dikukuhkan sebagai pengganti resmi Andy Nicholson.
Arctic Monkeys merilis single pertama tanpa Andy yakni Leave Before the Light Come On yang dirilis pada tanggal 14 Agustus 2006. Memuncak pada nomor 4 di UK, dan menjadi single pertama band ini yang tidak menyentuh chart no.1 Band ini di tampilkan di Leeds Festival ketika Nicholson bertemu dengan teman-teman mantan band nya dan bassist penggantian nya, O'Malley. Hanya asli anggota band, Nicholson, hadir pada upacara penghargaan Whatever People Say I Am, That's What I'm Not dan memenangkannya di Mercury Prize 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar