Kamis, 10 Januari 2013

Gania, The Supergirl !!!!


Tak banyak perempuan yang memilih jalan untuk menjadi vokalis band punk, Gania Alianda salah satu pengecualian. Mahasiswi Universitas Widyatama jurusan Design Grafis ini memilih bergabung bersama Billfold, band beraliran punk/hardcore. Beberapa waktu lalu Uncluster berbincang- bicang dengan Gania di Lucky Peter Tattoo Studio di kawasan Dago, Bandung. Berikut obrolan santai dengan Gania. About Her Band, Past and Future.
Halo Gania, lagi sibuk apa sekarang?
Hello juga. Sekarang aku lagi sibuk kuliah, soalnya di kampus lagi UAS (Ujian Akhir Semester).
Sejak kapan seneng nyanyi?
Waah ceritanya panjang, pertama banget waktu SMP udah mulai coba-coba bikin band, SMA juga masih lanjut, akhirnya waktu kelas 2 SMA diajakin featuring bareng Rosemary buat nanyiin lagu Supergirl. Dari sana aku baru mulai serius, karena respon dari lagu Supergirl cukup bagus, banyak yang nawarin buat bikin band, akhirnya aku  ngerasa cocok sama Billfold dan gabung bareng mereka.
Kenapa milih jadi vokalis band punk?
Nggak tau juga sih, dulu sempet ditawarin jadi penyanyi solo, sempet juga mau ikut major label juga , tapi kayaknya nggak deh, jujur aku bukan tipe vokalis kayak Bunga Citra Lestari gitu, hahaha. Sebelum jadi vokalis juga aku pernah jadi bassist di band hardcore bareng kakak aku, dan ga tau juga banyak yang nawarin gabungnya sama band-band kayak gitu (underground). Padahal aku gak pernah les dan ngerencanain buat jadi seperti sekarang ini.
Nama Gania mulai dikenal waktu bawain lagu “Supergirl” feat. Rosemary, gimana prosesnya sampai bisa kolaborasi?
Rosemary itu kan temen kakak aku, kebetulan dulu aku sering maen bareng. Kita sering main skateboard sama nongkrong bareng, kalo nggak salah dulu di 18th Park Jl.Riau, dari sana aku dikenalin sama mereka (Rosemary). Nah, ga tau gimana aku diajakin buat nyanyiin lagu Supergirl, padahal mereka belum denger aku nyanyi loh hahahah. Ya udah aku coba aja.
Ceritain dong waktu awal gabung sama Billfold?
Sebenernya aku personil terakhir yang gabung bareng Billfold. Waktu itu Drummer Billfold (Pam), baru keluar dari bandnya yang dulu Sweet Punch For Kids, dan dia pengen bikin band lagi, bandnya udah terbentuk dan tinggal nyari vokalis, akhirnya aku ditelepon sama dia. Aku ngerasa cocok ama materinya jadi aku memutuskan untuk gabung.
Rencana ke depan bareng Billfold?
Alhamdulillah udah banyak yang nawarin manggung, dan rencananya kita mau bkin E.P. Insya Allah keluar Bulan Juli 2011,  dan sambil ngumpulin materi buat full album nanti.
Inspirasi lagu-lagu Billfold dari mana sih?
Kita sih lebih ke lingkungan, atau tentang kepemimpinan.
Lagu Billfold yang berjudul Save Them To Save Us nyeritain apa?
Itu nyeritain gimana kita menjaga lingkungan. Sekarang ini kan efek global warming semakin kerasa, makanya kita save them, we must save the environment to save our live. Kira-kira seperti itu.
Kalo dikasikesempatan berkolaborasi pengen sama siapa?
Kalo dalam negeri aku pengen banget sama Seringai, lagi tergila-gila sama Seringai soalnya. Kalo untuk luar negeri  aku pengen sama H2O.
Pengalaman manggung paling berkesan?
Paling berkesan waktu tur tujuh kota. Dalam 10 hari kita ke Jogja, Semarang, Bali sama kota-kota lain. Aku pikir Billfold tuh cuma dikenal di Bandung aja, tapi waktu aku manggung di kota lain banyak juga yang hafal sama lagu Billfold.
Pengalaman lucu waktu manggung?
Waktu itu pas ada acara di Lembang aku pernah hampir jatuh dari panggung, mungkin waktu itu aku pusing karena belum makan. Sama yang terakhir waktu di Reneo Cafe, aku dikasih bunga gitu sama penonton hahaha
Punya role model untuk urusan style/fashion?
Banyak sih. Aku suka Hayley Williams (Paramore), Broddy Dale (The Distillers), Candace Kucsulain (Walls of Jericho).
Menurut Gania siapa penyanyi perempuan di Indonesia yang berkualitas?
Banyak, tapi kalo disuruh nyebutin orang aku bingung. Soalnya sampai saat ini belum ada penyanyi di Indonesia yang bisa aku jadiin role model atau belum ada yang bisa buat aku bilang “ni cewe keren banget deh” hahaha. Tapi mungkin suatu saat nanti ada.
Apa pesan kamu untuk orang-orang?
Tetap jadi diri sendiri, dan jangan pernah takut untuk mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar