Jaman udah maju seperti sekarang, barang yang diperjualbelikan secara online bukan cuma tas, rok, kacamata, atau barang-barang fancy lain yang suka dipake sama anak-anak muda gaul. NYUNYU pernah mendapati ada barang-barang keramat yang juga diperjualbelikan secara online. Benda keramat pengen dimiliki beberapa orang dipercaya karena tuahnya. Apa saja barang-barang keramat itu?

1.    
Keris
 
Keris digadang-gadang punya tuah yang besar, khususnya di kebudayaan Jawa. Katanya, keris ini berdaya magis cukup besar. Kegunaan utama keris yaitu bisa mempengaruhi seseorang, mirip dengan hipnotis.
Keris dibuat oleh Mpu-mpu jaman dulu dengan memasukkan ilmu spiritual ke dalamnya. Konon, pada awalnya keris disebut-sebut pusaka pemberian dewa yang diturunkan ke bumi untuk manusia yang membutuhkan. (Semacam Pedang Gryffindor di Harry Potter gitu lah.) Namun kini, tak jarang keris dikaitkan dengan dunia mistis.
Keris juga dipercaya bisa digunakan untuk media penghubung makhluk halus dengan dunia manusia. Malah legendanya, nggak jarang keris dapat bergerak sendiri setelah dilakukan ritual sebelumnya.

2.    
Batu Cincin (Akik)
 
Batu cincin sering dinilai memiliki kekuatan supranatural, bisa berguna sebagai pengawal (melindungi pemiliknya), bisa juga daya pikat terhadap lawan jenis (pencari jodoh).
Konon, ada yang ‘mengisi’ batu cincinnya itu dengan roh halus, kemudian diberi ‘makan’ dengan ditetesi darah sehingga ada gumpalan merah pada batunya.

3.    
Lukisan
  
Lukisan sering kali diidentikkan dengan hal mistis, terutama jika objek dalam lukisan itu memang penuh hawa mistis. Misalnya, lukisan paling terkenal, lukisan Nyi Roro Kidul.
Banyak mitos berkembang tentang lukisan ini. Katanya, lukisan ini bisa bertulah pada pelukisnya. Contoh kasusnya, lukisan tersebut disebut punya hubungan dengan kasus kematian pelukis ternama. Lukisan Ratu Kidul oleh Basuki Abdullah yang dikeramatkan di sebuah kamar di Hotel Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Maestro lukis ini memang beberapa kali pernah melukis objek tersebut. Terakhir, Basuki terbunuh di rumahnya di Jakarta.
Pelukis lain yang pernah melukis Nyi Roro Kidul dan nggak lama kemudian meninggal adalah Didik Suardi (2001), sebelumnya Suhardjo (1998).
4.     Tombak
 
Benda keramat ini sering dimandikan pada malam Jumat bersama keris. Nggak beda jauh dengan keris, tombak juga dipercaya bisa menjadi media penghubung makhluk halus dengan manusia.
sumber : nyunyu.com